Asyiknya Belajar Menulis

                                              Resume 1 Guru Belajar Menulis

Waktu               : Senin, 5 Oktober 2020

Pukul                 : 19.00-21.00 WIB

Materi               : Kata Adalah Senjata

Narasumber     : Abdul Hakim Busro

Moderator        : Aam Nurhasanah

Inspirator          : Wijaya Kusuma (Om Jay)

Kata adalah Senjata

Senin, 5 Oktober 2020 pukul 19.00 WIB  dimulainya pelatihan   kelas belajar menulis gelombang 16. Narasumber yang dihadirkan  Bapak Abdul Hakim Busro, seorang guru berprestasi sekaligus  dan penulis dari Lampung.

Materi yang disampaikan adalah mengenai “Kata Adalah Senjata”, karena semua berawal dari kata, dengan kata kita bisa memberikan cinta, dengan kata kita juga bisa memberikan luka, dengan kata kita bisa berkreasi dengan banyak hal dengan banyak kreativitas misal menulis puisi, cerita, buku dan lain-lain. Tepat pukul 19.00 WIB narasumber dan moderator sudah bersiap. Narasumber menyapa menggunakan voice note. Suaranya sangat memesona bak suara penyiar radio sehingga membuat siapa saja akan tertarik untuk mendengarkan materi selanjutnya.

Selain menggunakan voice note narasumber juga mengirimkan link youtube (https://www.youtube.com/watch?vOI-PC4k053g&t=27s )yang berisi  tentang “Vlog Cerdas Berbahasa”. Dengan cerdas berbahasa kita  akan menjadi sosok yang luar biasa.

Pengutamaan  Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari -hari

Mari mengutamakan penggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, yaitu

  1. Penggunaan bahasa Indonesia terlebih dahulu baru diikuti bahasa asing dibawahnya. Contohnya dalam penulisan papan nama
IN POLISI
MASUK POLICE

              SALAH                                            BENAR

2. Jangan menggunakan bahasa  Indonesia secara gado-gado (bercampur antara bahasa Indonesia dan bahasa asing), carilah   padanannya seperti   service mobil, setel velg, jual beli mobil second, gunakan helm standart

Konsep Berbahasa

Menurut Ibnu Wahyudi (Dosen Fakultas ILmu Budaya Indonesia) Cerdas adalah mampu menyiasati situasi dan  kita mampu memilih kalimat kosa kata yang sesuai situasinya. Dengan  cerdas berbahasa kita akan jadi     sosok yang luar biasa.  Jika ada istilah-istilah asing maka kita mencari padanannya tidak perlu malu. “Kedewasaan dalam Bahasa itu penting untuk menumbuhkan bangga berbahasa”.Mari utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan  bahasa daerah, dan  kuasai bahasa asing. Dengan cerdas berbahasa kita menjadi sosok yang luar biasa.

Membaca adalah gerbang utama sekaligus kunci pembuka bagi yang ingin menggenggam  keberhasilan (Abdul Hakim Burso). Orang-orang hebat lahir dari pembaca-pembaca yang hebat. Untuk menjadi penulis yang baik maka perbanyaklah membaca. Karena dengan membaca cara kita menganalisis suatu terkait satu objek akan menjadi lebih tepat dan  jika kita kurang membaca analisis kita menjadi kurang tepat.

Wawasan kita akan bertambah bila kita banyak membaca sehingga jumlah perbendaharaan kata (kosakata) yang terekam dalam  otak kitaakan banyak.. Jumlah kosakata  harus lebih dari cukup agar kita dapat merangkai kata dengan indah , karena bila kita miskin kosakata maka pada saat ingin merangkai kata menjadi  kalimat atau teks  kita akan kesulitan, tetapi dengan banyak membaca mengakibatkan  kaya kosakata dan memudahkan  dalam membuat tulisan atau  berbicara. Jumlah kosakata aktif   ada sekitar 109.000 kata. Setiap orang memori penyimpan kosakatanya berbeda-beda, orang yang suka membaca akan memiliki kosakata lebih banyak dibandingkan orang yang sedikit membaca. Pada saat kita berbicara dan menulis kosakata yang ada dalam memori akan terpanggil. Maka untuk menjadi penulis yang baik, kita harus mengaktifkan kosakata lebih banyak. Karena penguasaan kosakata berimplikasi positif bagi keterampilan menulis dan berbicara sehingga menjadi komunikasi yang efektif.

Kebiasaan membaca dapat membuat otak kita tetap aktif dan bereaksi untuk melakukan fungsinya dengan baik. Membaca dapat memperkuat kemampuan berfikir dan menganalisis. Akan terlihat perbedaan  orang  yang suka membaca dan tidak suka membaca ketika diminta menulis dan berbicara, orang yang suka membaca  kualitas tulisannya lebih baik dibandingkan orang yang kurang  membaca..

             Kalimat bijak “Mereka yang tidak berani membunuh  ketakutan akan terbunuh oleh ketakutan” (Abdul Hakim Burso), siapa yang tidak berani mencoba sesuatu, tidak berani mati dalam keadaan tangguh, maka dia tidak akan pernah menjadi siapa-siapa, dan mereka yang tidak berani membunuh ketakutan  akan terbunuh oleh ketakutan itu sendiri.

           Mengutip kalimat bijak di atas saya memberanikan diri untuk merangkai kata, dengan maksud mengalahkan ketakutan saya dalam menulis, semoga tulisan saya ke depannya bisa lebih baik, mohon kritik dan saran bagi pembaca tak lupa juga ucapan terima kasih kepada Bapak Abdul Hakim Busro, Ibu Aam, juga Bapak Wijaya Kusuma yang telah berbagi ilmu dengan saya, semoga amal baik Bapak/Ibu mendapat balasan dari Allah SWT..Aamiin Aamiin ya Rabbal Alamin.

Magelang, 7 Oktober 2020


Ikuti Blog Saya

RESUME KE 3

MANTRA SAKTI OM JAY

Senin, 4 Januari 2020 ini adalah malam pertama pelatihan menulis gelombang 17, sebelumnya saya telah mengikuti pelatihan gelombang 16 tetapi saya hanya berhasil merangkum kira kira 10 materi kulwhap, dari 20 materi kulwhap yang dipersyaratkan untuk lulus pelatihan menulis ini. Syarat untuk lulus pelatihan selain merangkum 20 materi kuliah untuk dijadikan sebuah buku adalah menulisLanjutkan membaca “MANTRA SAKTI OM JAY”

DARI RESENSI ARTIKEL MENJADI SEBUAH BUKU

Kulwap malam ini agak berbeda ada rasa haru yang menyeruak, Omjay Sang inspirator sekaligus motivator menulis buku, menurut hasil swab  positif covid 19. “Sebelum kita mulai kelas ini, marilah kita berdoa untuk kesehatan Omjay yang siang tadi dikabarkan positif Covid 19. Semoga Omjay Cepat sembuh. Alfatihah..”demikian Bu Aam  moderator malam ini mengawali Kulwap. Narasumber malamLanjutkan membaca “DARI RESENSI ARTIKEL MENJADI SEBUAH BUKU”

BERGURU MENULIS PADA BUKAN GURU BIASA

Pertemuan  ke 12            : Jumat, 30 Oktober 2020 Waktu                                   : Pukul 19.00 – 21.00 WIB Narasumber                       : Theresia Sri Rahayu, S.Pd. SD. Moderator                          : AAM NURHASANAH,  S.Pd. CERITA BU TERE “Perkenalkan, nama saya Theresia Sri Rahayu, S.Pd. SD. Saya biasa dipanggil dengan sebutan Cikgu Tere, seperti alamat blog saya, https://www.cikgutere.com Hari ini, saya mengangkat topik,Lanjutkan membaca “BERGURU MENULIS PADA BUKAN GURU BIASA”

BLOGER MUDA DENGAN SEGUDANG PRESTASI

Pertemuan  ke 10      : Senin, 26 Oktober 2020 Waktu                          : Pukul 19.00 – 21.00 WIB Narasumber               : RAIMUNDUS BRIAN PRASETYAWAN, S.Pd. Moderator                  : AAM NURHASANAH,  S.Pd. BLOGER MUDA DENGAN SEGUDANG PRESTASI Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd lahir di Jakarta, 30 Juni 1992. Kini tinggal di Bekasi dan berprofesi sebagai guru SD di Jakarta. MemulaiLanjutkan membaca “BLOGER MUDA DENGAN SEGUDANG PRESTASI”

BETTI RISNALENNI TEACHERPREUNER PEMILIK KEDAI KREATIF

Pertemuan  ke 11      : Senin, 27 Oktober 2020 Waktu                          : Pukul 19.00 – 21.00 WIB Narasumber               : BETTI RISNALENNI Moderator                  : AAM NURHASANAH,  S.Pd. Kelas menulis kali ini menghadirkan narasumber yang luar biasa, beliau adalah  Bu Betti seorang guru di TK,SD Insan Kamil Tangerang  yang merangkap jadi pengusaha/pemilik Kedai Kreatif di Bekasi,sedangkanLanjutkan membaca “BETTI RISNALENNI TEACHERPREUNER PEMILIK KEDAI KREATIF”

BERKARYA DI TENGAH KESIBUKAN ALA BU NORA

SIKILAS PANDANG BU NORA Perempuan bernama lengkap Noralia Purwa Yunita, M.Pd ini lahir di Kudus, 12 Juni 1989. Dia putra pertama dari dua bersaudara dengan ayah bernama Ali Achmadi, S.Pd dan ibu Noor Fatkhiyah, S.Pd.SD. Penulis pernah mengambil kuliah program sarjana di Univeritas Negeri Semarang yang kemudian dilanjutkan program magister pendidikan di Universitas Negeri Semarang.Lanjutkan membaca “BERKARYA DI TENGAH KESIBUKAN ALA BU NORA”

YAYASAN PENERBIT THAMRIN DAHLAN (YPTD)

Moderator : Ibu Aam Nurhasanah Narasumber : M.Thamrin ,SKM, M.Si Kelas malam ini, dimoderatori oleh Ibu Aam Khasanah dan narasumber Bapak Thamrin Dahlan, SKM, M.Si yakni dosen Akper Polri, Publisher, penulis, dan telah menerbitkan 30 buku pada yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD)yang fokus membantu teman teman menerbitkan buku ber lisensi Barcode ISBN tanpa biaya.Beliau dan Om Jay merupakan sahabat lama dan dipertemukan dalamLanjutkan membaca “YAYASAN PENERBIT THAMRIN DAHLAN (YPTD)”

MENULIS SEMUDAH UPDATE STATUS

Penulis harus memiliki tujuan jika ingin menulis. Tujuan tersebut bisa bermacam macam. Misalnya untuk mengungkapkan ekspresi jiwa yang sedang bahagia atau sedih, sekedar  menyalurkan hobi, meningkatkan profesionalitas kerja pada bidang tertentu, kenaikan pangkat dan sebagainya. Dengan menulis kita akan mendapat manfaat yang besar dapat mewujudkan keinginan atau impian yang terpendam. Begitu juga saya, keinginan pertamaLanjutkan membaca “MENULIS SEMUDAH UPDATE STATUS”

Belajar Menulis

RESUME 2 KELAS MENULIS ANGKATAN 16 TIADA KATA TERLAMBAT UNTUK MENULISJejak langkah insiratif Cak Inin Tiada kata terlambat untuk menjadi seorang penulis. Sebaik-baiknya manusia adalah yang mau berubah ke arah kebaikan dalam segala hal dan bermanfaat bagi orang lain. Karena Allah tdk akan merubah nasib suatu kaum, kalau kaum itu tidak mau merubahnya sendiri. KalimatLanjutkan membaca “Belajar Menulis”

Memuat…

Terjadi kendala. Silakan muat ulang halaman dan/atau coba kembali.

Dapatkan konten baru yang dikirim langsung ke kotak masuk Anda.

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: